Tips Memilih Nama Domain

Domain adalah nama yang ditulis di situs web. Biasanya nama domain ini dapat diakses secara hybrid dan tulisannya dalam bentuk URL yang terdapat di tab alamat. Keberadaan nama domain ini cukup penting karena akan memudahkan orang menemukan situs web Anda dengan mudah. Untuk lebih dekat dengan domain, di sini saya akan memberikan tips 10 cara untuk memilih nama domain yang tepat untuk brand Anda.

1. Mulai dengan kata kunci
Gunakan nama domain yang cocok dengan karakter atau bisnis yang akan Anda jalankan. Memilih kata kunci ini penting agar situs web yang akan Anda buat juga merupakan situs ramah SEO yang dapat dengan mudah dicari oleh mesin pencari Google. Misalnya, Anda akan membuat toko pakaian online, maka Anda bisa menggunakan kata-kata: baju online, baju koko, baju jubah dan sebagainya. Kemudian buat dengan pilihan kata lain seperti bajukoko.com atau jualbajuonline.com

Anda dapat merumuskan nama domain lain yang cocok dengan produk yang akan Anda jalankan. Untuk merumuskan nama domain dengan mudah, Anda dapat menghabiskan sedikit waktu melakukan informasi merek untuk mendapatkan ide yang akan Anda buat sebagai produk andalan. Sebaiknya pilih kata kunci yang familiar dan banyak dicari oleh calon pelanggan.

2. Unik & Menarik
Hal selanjutnya setelah menemukan beberapa pilihan kata kunci yang tepat maka Anda dapat mengurutkannya lebih spesifik. Pilih nama yang unik dan menarik sehingga Google lebih mudah menemukan nama domain Anda sebagai produk utama di mesin pencari.

Saat menemukan kata unik untuk nama domain, jangan lupa untuk menggunakan ejaan yang benar untuk menjaga lalu lintas situs web Anda stabil. Anda juga harus hati-hati jika ada nama yang mirip dengan merek terkenal. Karena ini dapat menimbulkan kebingungan dan kecemasan di kalangan konsumen. Jangan biarkan bisnis yang Anda bangun bahkan menimbulkan masalah baru yang lebih besar.

3. Gunakan ekstensi nama domain yang sesuai
Banyak pilihan TLD sebagai opsi dalam membuat situs web yang Anda inginkan. Tapi tahukah Anda bahwa dari banyak TLD hanya ada .com yang dapat dipercaya dengan benar. Sebenarnya masih ada .id, .net atau .org dengan standar TLD yang umum di Indonesia.

Hanya saja dibandingkan dengan .com hasil dan perbandingan lebih baik dan lebih umum. Ini juga berlaku untuk sebagian besar konsumen yang sudah aktif dan akrab dengan .com sebagai TLD yang cukup terkenal. Akibatnya, pelanggan potensial mungkin tidak mempercayai konten situs web yang Anda berikan jika Anda menggunakan TLD lain yang kurang dikenal.

4. Mudah diketik dan mudah dieja
Ada banyak pilihan diksi yang dapat digunakan sebagai nama domain pilihan Anda. Namun tahukah Anda jika nama domain dapat membuat konsumen mudah mengenali produk atau layanan yang Anda tawarkan. Beberapa nama domain yang sulit dieja dan sulit diketik akan membuat calon pelanggan lupa dan mudah mengganti dengan opsi ejaan lainnya. Pilihan kamus yang mudah dieja dan mudah diketik berkaitan erat dengan pilihan kata kunci yang Anda tulis semula.

5. Mudah diingat
Yang tidak kalah penting dari berbagai eksposur di atas adalah kamus yang mudah diingat. Banyak kata dan frasa yang bisa Anda jadikan nama domain yang unik dan menarik. Tetapi harus diingat bahwa nama itu harus mudah diingat. Tentu saja ini sangat penting agar konsumen yang mampir ke situs web Anda dapat mengingat nama domain dengan mudah.

Jadi, jika Anda ingin mengunjungi lagi, pelanggan Anda dapat membukanya dengan lebih mudah dan lebih cepat. Terutama bagi siswa yang sering membuat bahan atau makalah yang berasal dari beberapa situs web tepercaya.

6. Pendek
Gunakan nama domain pendek. Ini akan membuat URL Anda lebih mudah diingat dan dapat dengan cepat muncul di mesin pencari google. Jika terlalu lama dan sulit untuk diingat, tentu akan sulit bagi Anda sendiri. Banyak URL yang terlalu panjang sehingga sulit untuk ditampilkan di mesin pencari Google.

Nama pendek juga lebih akrab ketika ditulis di media offline seperti buku atau kartu nama. Bayangkan saja jika nama situs web Anda cukup panjang dan sulit untuk diingat, itu tentu akan membuat calon pelanggan Anda sulit diingat dan tidak dikenal.

7. Ciptakan harapan
Banyak harapan dari pengunjung situs web yang ingin mendapatkan informasi atau berbagai produk menarik hanya dari satu klik. Ini tentu akan membuat konsumen lebih mudah mengunjungi situs web Anda. Harapan yang ada di benak konsumen akan membuat mereka senang mengunjungi situs web Anda.

8. Pembangunan merek
Untuk memilih nama domain, cobalah membangun merek yang tepat untuk bisnis Anda. Merek adalah hasil penciptaan manusia hanya dengan melihat atau membaca sekali dapat melihat nama produk tertentu. Misalnya, warna hijau dan soda sudah bisa dibahas merek sprite yang sangat terkenal itu. Begitu juga dengan merek yang Anda dapatkan dapat membuat sesuatu yang mudah dipahami orang dan bisa membuat produk Anda terkenal.

9. Hindari tren
Yang terbaik adalah menjaga tren dalam membangun bisnis. Ini tidak berarti Anda harus absen dari peradaban dan menghapus informasi yang terkini yang cukup penting. Ada banyak tren yang dapat membatalkan bisnis tertentu, dan menggantikan Anda menangkisnya agar tidak berpartisipasi dalam aliran yang salah.

Misalnya hadir ojek online dan ojek biasanya menuai berbagai kondisi. Jika dibandingkan dengan alih teknologi, tentu saja mempertanyakan bisnis ojek biasa akan sangat sulit. Jika Anda tidak dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada, tentu saja ini akan membuat Anda semakin buruk lagi dan lagi.

10. Gunakan Alat pemilihan domain
Yang terakhir setuju bahwa Anda sudah menemui jalan buntu dalam menemukan nama domain yang tepat sehingga Anda perlu menggunakan alat pemilihan domain untuk membuatnya lebih mudah. Tentu saja dalam menggunakan alat ini masih harus memperhatikan 9 yang telah saya jelaskan di atas.

Pilih dan urutkan nama yang muncul agar sesuai dengan harapan dan harapan pengunjung. Gunakan alat seperti domainsBot atau NameMesh untuk menemukan nama domain yang Anda suka.

Memilih nama domain sama pentingnya dengan membangun merek bisnis yang Anda lakukan. Banyak nama dan pilihan diksi yang dapat Anda gunakan dengan baik. Jangan lupa untuk mendaftarkan nama kata kunci yang muncul di mesin pencari google.

Setelah memilih nama domain yang sesuai, pastikan domain pilihan Anda masih tersedia. Untuk itu, segera cek nama domain di website penyedia layanan hosting pilihan Anda.

Ketika domain pilihan Anda masih tersedia, jangan menunda lagi untuk membelinya sebelum domain tersebut diambil orang lain. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa memilih penyedia layanan web hosting yang sedang mengadakan promo domain murah.

Nah, demikian tips memilih nama domain yang sesuai dengan brand. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

Lebih Dari 75+ Dipercaya Mitra Kami di Seluruh Indonesia
Kepuasan Layanan Adalah Prioritas Kami.