Digital Marketing Secara konteks adalah aspek yang cukup luas, bisa di simpulkan digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat (tools) digital berbentuk fisik maupun non-fisik.

Namun tentunya ada beberapa jenis Digital Marketing yang harus Anda ketahui, mari kita bahas.

Beberapa Jenis Digital Marketing

1. Website Bisnis atau Brand (Company Profile)

Pada umumnya, penerapan digital marketing memerlukan sebuah media tertentu sebagai pusat informasi dan aktifitas dari bisnis Anda. Dengan memiliki website perusahaan atau Brand yang menampilkan informasi lengkap, akan lebih dipercaya oleh konsumen mereka.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari Wearesocial dan Hootsuite pada Januari 2021 untuk market Indonesia, menyatakan bahwa 66.6% orang Indonesia melakukan Riset pada sebuah Brand dari Mesin Pencari (Search Engine).

Dapat diartikan bisnis dan Brand Anda akan jauh lebih mudah dipercaya oleh orang dengan memiliki website yang merupakan salah satu tujuan utama dalam penerapan Digital Marketing untuk Bisnis.

2. Content Marketing

Pembuatan konten dan promosi dari konten tersebut dengan tujuan mendapatkan Brand Awareness, Traffic, Lead Generation dan Penjualan (Sales). Umumnya konten marketing yang sering digunakan seperti Artikel, E-Book & Infographics dengan tujuan:Artikel / Blog Post

Artikel pada Website dapat membantu sebuah Website untuk mendapatkan traffic, pengunjung dan juga meningkatkan Brand Awareness dengan membahas topik yang relevan dan berujung pada peningkatan Penjualan.E-Book

Umum ditemui khususnya di social media yaitu ebook atau buku digital. Biasanya, sering digunakan untuk mendapatkan data calon konsumen yang ideal untuk produk atau jasa yang ditawarkan.Infographics

Untuk memberikan informasi yang cukup panjang dan detail Anda bisa memanfaatkan konten Infografis, karena membantu proses visualisasi sebuah ide tertentu.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Ini merupakan metode organik dengan media Website, salah satu cara untuk meningkatkan urutan halaman website tertentu dalam mesin pencari seperti Google. yang secara proses, biasa dilakukan dengan beberapa metode yaitu:On Page SEO:

Teknik optimasi SEO pada keseluruhan aspek konten pada website. Mulai dari proses penerapan kata kunci, mengatur topik konten, memperhatikan “search intent” sampai struktur Artikel pada halaman Website. Untuk memudahkan pembaca dan mendapat posisi yang tinggi pada pencarian Google (SERPs).Off Page SEO

Teknik optimasi SEO yang berfokus pada aktivitas diluar Website sendiri. Mulai dari membangun hubungan dengan pemilik blog / website lain dan juga Guest Post untuk mendapatkan Backlinks ke Website sendiri.Technical SEO:

Teknik optimasi SEO yang berfokus dibelakang Website atau backend. Cukup teknis karena memperhatikan struktur code website, kompresi gambar yang teroptimasi, memperhatikan struktural data hingga optimasi pada CSS file yang bisa membantu meningkatkan kecepatan Website dan membantu Website untuk naik ke posisi atas pencarian.

Beberapa poin SEO tersebut hanya sebagian kecil. Secara khusus tentang Search Engine Optimization memiliki pembahasan yang dalam tersendiri.

Baca Juga: 5 Manfaat SEO Untuk Bisnis Anda

4. Pay-per-click Marketing (PPC)

Sebuah metode untuk mendatangkan pengunjung ke Website Anda dengan membayar media tertentu dari setiap klik yang terjadi.

Beberapa media PPC yang sering digunakan:Facebook & Instagram Ads

Seperti yang Anda ketahui, Facebook dan Instagram menyediakan layanan iklan berbayar yang bisa mengundang penggunanya ke Website Anda.Google Ads

Layanan iklan berbayar yang dapat memunculkan Website Anda dihalaman awal setiap pencarian / keyword yang diinginkan..Youtube Ads, Tiktok Ads, Dsb

Anda juga bisa memanfaatkan platform media iklan berbayar lainnya yang memiliki banyak pengguna untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda.

5. SMM (Social Media Marketing)

Social Media Marketing atau Pemasaran Media Sosial sering kali menjadi pilihan utama bagi sebuah Bisnis. Selain Gratis-nya, dampak pada pertumbuhan Bisnisnya juga sangat luar biasa. Ada banyak jenis media sosial yang bisa digunakan, baiknya untuk menggunakan media sosial yang vital untuk Bisnis saja.

Berikut Dari data WeAreSocial dan Hootsuite mengenai platform Media Sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia (per Januari 2021)

Mulai mempelajari tipe audiens di masing-masing media sosial tersebut agar bisa menentukan strategi yang tepat, Perlu diingat bahwa berbeda industri biasanya akan memiliki strategi media sosial yang berbeda.

Demikianlah sedikit penjelasan Beberapa Jenis Digital Marketing yang sering digunakan dan perlu kamu ketahui. Semoga Bermanfaat.

Content Placement

Enterpage | Web Development Services

PT Enterpage Digital Solution