Instagram adalah salah satu media sosial yang berkembang pesat, sekaligus menjadi wadah untuk individu maupun bisnis memperkenalkan usahanya. Instagram menjadi salah satu aplikasi paling ampuh untuk mendirikan sebuah merek/brand bisnis.

Tips Membangun Akun Instagram Bisnis

Membangun akun Instagram untuk bisnis, bukanlah hal yang mudah. Ini membutuhkan perhatian khusus dari penggunanya. Berikut ini ada beberapa tips yang efektif untuk membangun akun instagram, mendapatkan followers dan kemudian mendatangkan pundi pundi rupiah.

1. Optimalkan Profil Instagram
Jika kamu sudah menentukan username yang sesuai untuk akun instagram, seperti nama produk, brand, dsb. Setelah itu ada beberapa poin yang harus dilakukan. diantaranya:

1.1 Memasang foto profil, gunakan logo bisnis/perusahaan kamu jika akun tersebut bertujuan untuk memasarkan produk ataupun jasa.
1.2 Tambahkan informasi yang menarik serta informatif pada bio agar akun kamu dapat dengan mudah ditemukan dan orang lain bisa langsung mendapatkan informasi tentang siapa dan apa yang kamu tawarkan.
1.3 Menambahkan link pada kolom website dalam bio agar orang lain bisa langsung mengunjungi website kamu untuk mengetahui informasi lainnya.

Untuk lebih optimal dalam memberikan informasi pada bio instagram. Kamu bisa menyiapkan url khusus seperti Landing Page, Halaman Produk, Whatsapp Link agar pengunjung tidak kehilangan arah setelah klik link yang kamu tampilkan.

Baca Juga: Cara Menambahkan Banyak Link Di Instagram Bio

2. Update Konten
Jika kamu sudah menentukan username yang sesuai untuk akun instagram, seperti nama produk, brand, dsb. Setelah itu ada beberapa poin yang harus dilakukan. diantaranya:

2.1 Fokus pada satu topik yang menarik dan sesuai dengan yang kamu tawarkan. Pastikan konten informasi produk atau jasa kamu lebih dominan daripada konten lainnya.
2.2 Tambahkan Caption dengan copywriting yang dapat menarik perhatian dari audience, kamu juga bisa menambahkan hastag yang relevan untuk menghubungkan percakapan antar pengguna.
2.3 Perhatikan kualitas dan waktu memposting konten kamu, ada jam jam tertentu dimana sebuah postingan mendapatkan banyak perhatian. Sebagai contoh, dibawah ini adalah waktu dimana banyak pengguna membuka instagram.

Pagi hari – 06.00-09.00
Biasanya banyak dari pengguna yang membuka media sosial sebelum mereka pergi bekerja atau beraktivitas produktif.
Siang Hari – 11.00-14.00
Waktu istirahat siang hari, juga sering dimanfaatkan pengguna untuk membuka media sosial termasuk instagram.
Sore hari – 17.00-18.00
Tidak bisa dipungkiri, waktu pulang kerja juga sering dimanfaatkan pengguna membuka media sosial saat macet, ataupun menunggu antrian.
Malam hari – 19.00-21.00
Banyak pengguna menggunakan waktu senggang sebelum tidur untuk membuka media sosial lebih lama setelah melalukan aktifitas sepanjang hari.

Dari beberapa waktu diatas, kamu dapat memanfaatkan momen yang tepat untuk update konten instagram kamu seperti promo, quotes, informasi produk, dll. sesuaikan mood dan kebiasaan untuk kamu menentukan konten apa yang paling sesuai dan dapat banyak perhatian pada waktu yang tepat.

3. Melakukan Interaksi
Jika kamu mempunyai pengikut setia, pastikan kamu menjaganya dengan baik. kamu bisa mengikuti kembali akun instagramnya, mengirim pesan, memberikan komentar ataupun membalas komentar meskipun sesekali. Hal ini dapat menjadi sebagai reward dan meningkatkan engagement rate. Pastikan kamu tetap ramah setiap melakukan interaksi dan saling menghargai

4. Memanfaatkan Ads
Ads Instagram sangat membantu untuk membuat postingan kita mendapatkan jangkauan yang luas. Cara ini banyak digunakan untuk promosi & meningkatkan omzet, tidak perlu setiap postingan menggunakan ads, anda harus menentukan kapan waktu yang pas untuk menggunakannya.

5. Menggunakan Tools Instagram
Bagaimana jika kamu memiliki lebih dari 1 akun instagram untuk bisnis kamu yang lainnya dan harus menghandlenya sendiri tanpa tim secara manual? tentunya akan merepotkan. Dengan menggunakan tools ini, tugas kamu dalam mengelola akun instagram jadi lebih mudah. Tentunya lebih murah dibandikan kamu harus membayar seorang admin.

Kesimpulan
Membangun akun instagram untuk membutuhkan waktu dan perhatian lebih dari penggunanya. Dengan Fokus terhadap konten yang ingin kamu sampaikan, waktu yang tepat untuk posting, memanfaatkan tools optimasi, Ads dan strategi digital marketing yang sesuai, kamu bisa mendapatkan banyak followers yang potensial untuk kelanjutan bisnis kamu.

Demikianlah sedikit penjelasan cara optimasi akun instagram yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga Bermanfaat.

Enterpage | Web Development Services

PT Enterpage Digital Solution