Apa Itu Landing Page?

Apa Itu Landing Page? Apa Fungsinya

Landing Page adalah halaman yang dibuat khusus untuk mengarahkan user ke halaman tertentu secara spesifik, seperti halaman produk atau halaman promosi. Bisa disimpulkan landing page adalah sebuah halaman yang menjadi tujuan user dengan informasi lebih detail terkait produk atau jasa yang ditawarkan dan dikhususkan untuk mindset marketing.

Membahas landing page, beberapa dari kita mungkin menganggapnya tak jauh berbeda dengan homepage atau halaman utama website. Namun, jika diperhatikan lebih jauh, landing page dan homepage mempunyai fungsi serta desain yang sangat kontras.

– Homepage Dibuat sebagai halaman utama sebuah website, memiliki desain menarik dan juga tombol navigasi yang membuat rasa nyaman kepada pengunjung website, biasanya website toko online akan menampilkan segala produk, promo dll yang dimilikinya pada homepage.

– Landing Page Halaman ini dibuat khusus untuk tujuan tertentu, biasanya untuk keperluan digital marketing. Ketika melakukan pemasaran secara online, landing page merupakan salah satu tahapan penting dalam funneling yang berguna untuk mendorong pengunjung melakukan konversi.

1. Landing Page Click Through dibuat khusus untuk menampilkan informasi produk atau promosi secara detail dan lebih spesifik dan dilengkapi dengan tombol call-to-action ( CTA ) yang diarahkan ke halaman registrasi atapun transaksi selanjutnya.

2. Landing Page Lead Generation dibuat lebih singkat, menarik dan jelas. Secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan Click Through, dirancang khusus untuk mengumpulkan lead secara langsung. Misalnya untuk mendapatkan promo, kupon khusus atau mendaftar untuk news letter berhadiah.

Selain jenis landing page diatas, masih ada lagi jenis lainnya seperti Squeeze, Get Started, Unsubscribe, Coming Soon & Sales yang digunakan pebisnis online. Perlu diperhatikan fungsi dan jenis dari masing masing jenis landing page yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Buatlah penawaran yang menarik perhatian dari calon pelanggan atau konsumen untuk mengunjungi landing page. Penawaran itu bisa beragam, seperti pemberian diskon produk, gratis ongkir, voucher khusus, tutorial, e-book, dan sebagainya yang bisa menimbulkan daya tarik kepada mereka. Lalu arahkan penawaran tersebut ke landing page yang sudah disiapkan dan terhubung langsung dengan halaman registrasi ataupun transaksi selanjutnya secara spesifik, menarik dan jelas.

Penawaran tersebut bisa dicantumkan dalam sebuah postingan blog, news letter, iklan facebook, instagram atau media sosial lainnya dengan klik tombol call-to-action (CTA) yang terhubung landing page untuk memperoleh penawaran.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Ketika pengunjung sudah berada di landing page, biasanya pengunjung akan mengisi form yang sudah disiapkan untuk mendapatkan benefit yang ditawarkan. Dari informasi dari data itulah yang digunakan untuk upaya prospek pemasaran kedepannya.

1. Solusi Mudah Mengumpulkan Leads
Dengan memiliki data leads, tugas untuk memasarkan produk lebih mudah. Data terkait leads merupakan salah satu aset penting untuk kelangsungan bisnis.

2. Menghubungkan Calon Pembeli Dengan Produk Lainnya
Memiliki banyak produk, tidak menutup kemungkinan beberapa diantaranya tidak laku, meskipun homepage telah menampilkan seluruh produk, Landing page bisa menjadi penghubung antara calon pelanggan atau calon konsumen dengan tiap produk.

3. Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Iklan Berbayar
Dengan adanya landing page, pengunjung dari iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Google Ads akan langsung sasaran kepada mereka seperti penawaran, produk, layanan dan sebagainya.

Demikianlah sedikit penjelasan apa itu landing page? definisi, karakteristik serta keuntungan meliliki landing page yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga Bermanfaat.

Related Post

No Comments

Leave a Comment

Lebih Dari 75+ Dipercaya Mitra Kami di Seluruh Indonesia
Kepuasan Layanan Adalah Prioritas Kami.