Besarnya peluang usaha dibidang jasa, membuat banyak orang tertarik menawarkan jasanya. Untuk itu dibutuhkan strategi khusus mempromosikan jasa yang kita tawarkan agar bisa bersaing dengan kompetitor.


Berikut 5 Strategi Promosi Usaha Dibidang Jasa


1. Berikan pelayanan prima

Selalu berikan pelayanan prima atau pelayanan yang terbaik kepada pelanggan Anda. Buat pelanggan Anda merasa puas menggunakan jasa yang ditawarkan sehingga pelanggan akan memberikan rekomendasi kepada orang terdekatnya bahkan kepada orang yang baru di kenal untuk menggunakan jasa Anda. Dengan begitu Anda akan merasa sangat diuntungkan karena dapat menghemat cukup banyak biaya promosi.

2. Dapat dipercaya

Jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa, maka kepercayaan adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu buatlah hubungan yang baik dengan para pelanggan. Misalnya saja dengan melakukan pendekatan secara personal agar dapat menanyakan kesan mereka terhadap jasa yang pernah Anda tawarkan dan jangan lupa untuk menanyakan saran supaya bisnis Anda dapat lebih berkembang. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan.

3. Manfaatkan jejaring sosial

Pada era digital ini, penggunaan internet merupakan suatu hal yang sudah lazim di masyarakat. Hampir rata-rata semua orang sudah memiliki akun jejaring sosial. Besar kemungkinan bahwa pelanggan Anda sudah lebih dulu masuk di jejaring sosial. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika bisnis Anda mulai merambah ke jejaring sosial. Karena hal ini dapat digunakan sebagai media promosi bisnis Anda. Dengan menggunakan metode tertentu, Anda dapat pula mencari tahu seberapa banyak rekomendasi dari pengguna jejaring sosial terhadap jasa yang di tawarkan.

4. Bergabung dengan komunitas

Contohnya saja jika bisnis Anda adalah jasa perawatan hewan peliharaan (grooming, tempat penitipan hewan, dan lain sebagainya) maka Anda bisa menjadi salah satu anggota dari perkumpulan pecinta anjing atau kucing. Di dalamnya, dengan menggunakan beberapa teknik pendekatan, Anda dapat mulai sedikit demi sedikit menawarkan jasa Anda. Atau ketika resource Anda dapat dikategorikan cukup maka Anda dapat membentuk komunitas sendiri yang bersinergi dengan jasa yang kan Anda tawarkan.

5. Melakukan kegiatan yang bersinergi dengan usaha Anda secara tulus

Jika Anda melakukan segala aktifitas yang berhubungan dengan jasa Anda, maka kerjakanlah secara tulus apalagi ketika jasa Anda dapat digunakan untuk membantu seseorang dalam mencapai tujuannya. Contohnya ketika Anda mempunyai bengkel mobil, dan Anda memiliki rekan yang ingin memodifikasi mobilnya. Suatu saat mobil tersebut mengikuti kejuaraan dan mendapatkan penghargaan, lalu beritanya dimuat di media massa. Maka secara tidak terduga, bisa saja jasa Anda akan dimuat di media tersebut. Sehingga akan semakin banyak yang mengenal jasa Anda.

Ingatlah bahwa segala sesuatunya didasari oleh kepercayaan. Segala sesuatu yang Anda lakukan itu diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan percaya kepada jasa yang Anda tawarkan. Karena pada dasarnya semua jenis bisnis memiliki prinsip yang sama, yaitu bagaimana memberikan kepuasan kepada pelanggan supaya mereka dapat merekomendasikan bisnis Anda ke lingkungan mereka.

Related Post